7 Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Islam

Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Islam

7 Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Islam. Memilih pasangan hidup memang tidaklah mudah, karena pasangan hidup adalah seseorang yang akan menemani kita sampai akhir hayat nanti. Jadi kita harus benar-benar yakin dalam memilih pasangan hidup kita. Jika kita perhatikan banyak sekali di televisi yang menayangkan perceraian perkawinan yang dilakukan para artis, itu semua bisa terjadi oleh kita juga jika kita memilih pasangan seumur hidup kita hanya untuk sekedar hawa nafsu saja.

Oleh karena itu, kita harus bisa memilih pasangan hidup kita sesuai dengan keinginan kita. Namun, sebaik-baiknya pilihan kita dalam memilih pasangan hidup adalah pilihan yang sesuai dengan pedoman ajaran agama kita, yaitu Islam. Didalam ajaran agama Islam, ada beberapa pedoman atau patokan yang bisa kita gunakan untuk memilih pasangan yang sesuai dan dengan yang kita ingin kan, yang mampu membinging kita kejalan yang benar atau seseorang yang mampu dibimbing ke jalan yang benar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa cara memilih pasangan hidup menurut ajaran agama Islam :

1. Pilihlah Seseorang yang Rajin Beribadah

Hal yang paling penting adalah orang yang rajin beribadah kepada Allah SWT. Dengan demikian niscaya perjalanan hidup yang akan kalian tempuh bersamanya akan indah, karena Allah akan selalu memberikan keringanan segala permasalah yang akan dihadapinya untuk hambanya yang rajin beribadah kepadanya. Karena memang salah satu penyebab manusia dicitakan oleh Allah tak lain untuk menyembah kepadanya. Allah SWT Berfirman :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyaat [51]: 56)

2. Pilihlah yang Berilmu dan Berakhlak

Hal yang penting lainnya adalah seseorang yang memiliki ilmu dunia maupun akhirat dan juga yang memiliki akhlak yang baik. Dengan memiliki pasangan yang berilmu dan akhlak yang baik maka ia akan menuntunmu atau mendorongmu menjadi seseorang yang berakhlak juga. Dan dengan ilmu yang dimiliki maka ia akan mentunmu untuk menjalani perjalanannya di dunia ini dengan akal dan fikiran yang jernih. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Apabila kamu sekalian didatangi oleh seseorang yang Dien dan akhlaknya kamu ridhai maka kawinkanlah ia. Jika kamu sekalian tidak melaksanakannya maka akan terjadi fitnah di muka bumi ini dan tersebarlah kerusakan.” (HR. At Tirmidzi)

3. Pilih yang Menarik jika dipandang (Cantik atau Tampan)

Kita juga harus memilih pasangan yang enak untuk dilihat, yang cantik atau yang tampan. Karena dengan memilih pasangan yang cantik atau yang tampan maka akan memperkecil kemungkinan dalam hubungan kita timbulnya rasa bosan atau sebagainya. Memilih pasangan yang enak dipandang juga dapat menimbulkan rasa sayang kita yang lebih kepadanya. Rasulullah SAW Bersabda :

“Jika memandangnya, membuat suami senang.” (HR. Abu Dawud. Al Hakim berkata bahwa sanad hadits ini shahih)

4. Pilihlah Seorang Pasangan dari Keturunan yang Berbeda

Alasan mengapa kita tidak boleh memilih pasangan hidup dari keturunan yang sama adalah untuk menghindari kecacatan otak dan lain sebagainya untuk anak-anaknya kelak. Karena dari penelitian dokter anak yang akan lahir dari pasangan yang memiliki keturunan yang sama kemungkinan besar akan menyebabkan kecacatan pada anaknya itu sendiri. Selain dokter, Selain itu Islam juga melarang adanya pernikahan yang berasal dari keturunan yang sama. Rasulullah SAW Bersabda :

“Janganlah kalian menikahi kerabat dekat, sebab dapat (berakibat) melahirkan anak yang lemah (akal dan fisiknya).” (Hadist Syarif)

5. Pilihlah Wanita yang Subur (untuk pria)

Salah satu tujuan untuk menikah tidak hanya untuk beribadah saja, melainkan untuk memberikan keturunan. Maka dari itu kita harus bisa mencari pasangan mampu memberikan keturunan atau yang subur. Bagaimana cara mengecek bahwa pasangan (wanita) subur atau tidak? Salah satu cara untuk mengecek pasangan kita subur atau tidak, kita bisa mengeceknya di rumah sakit terdekat. Rasulullah SAW Bersabda :

“Menikahlah dengan perempuan yang subur (dari nasab yang banyak melahirkan anak) dan mencintai suami,karena aku bangga dengan banyaknya pengikut dari keturunanmu dihadapan berbagai umat kelak.” (HR. Abu Dawud, Nasa’I dan Hakim)

6. Pilihlah Gadis yang Masih Remaja (untuk pria)

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk lebih memilih pasangan yang masih gadis atau remaja daripada wanita yang sudah janda. Karena para gadis atau remaja masih perawan (belum memiliki keturunan). Rasulullah sangat senang kaum adam yang lebih memilih untuk menikahi pasangannya yang masih perawan, karena dengan memilih yang perawan maka akan lebih banyak memberikan keturunan. Rasulullah SAW Bersabda :

“pilihlah perempuan yang masih perawan, karena paling sedap bibirnya (lidahnya baik bicara), banyak keturunannya, jarang sifat makarnya, lebih rela dengan kepuasan tabiatnya.” (HR. Ibnu Majah dan Baihaqi)

7. Pilihlah Pria yang Mapan atau Sudah Berpenghasilan (untuk wanita)

Pernikan juga tidak hanya untuk beribadah saja, pernikahan juga harus ada beberapa yang harus kita persiapkan, salah satunya adalah dari segi harta. Janganlah kalian menerima lamaran pria jika ia belum memiliki penghasilan. Karena pria harus menafkahi istrinya untuk kehidupannya sehari-hari. Jika kalian menikah namun salah satu dari kalian belum memiliki pernghasilan, maka kehidupan kalian akan terasa lebih sulit.

Demikianlah beberapa poin untuk memilih pasangan hidup menurut Islam. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan semoga kita diberikan pasangan hidup yang baik dari segala-gala hal yang positif. Ingat ! jangan pernah meremehkan pernikahan, jangan kalian melakukan pernikahan jika kalian masih ragu. Karena islam mengajarkan kita untuk menikah 1 kali seumur hidup.

Baca juga Artikel mengenai : Cara Memilih Pasangan Hidup yang Tepat

0 Response to "7 Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Islam"

Post a comment